Kordinasi Asesmen Nasional dengan Dinas Pendidikan, Kemenag, LPMP, PP/BP Paud dan Pendidikan Masyarakat

Kordinasi Asesmen Nasional dengan Dinas Pendidikan, Kemenag, LPMP, PP/BP Paud dan Pendidikan Masyarakat – Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.


Salah satu komponen hasil belajar murid yang di ukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca serta literasi matematika (numerasi). Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kaena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat.

Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmju pengetahuan teknologi dan dilakukan dalam bentuk ujian nasional (pasal 66, ayat 1)

“Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan” (UU Sisdiknas, Pasal 58 ayat 2).
Untuk file lengkap Kordinasi Asesmen Nasional dengan Dinas Pendidikan, Kemenag, LPMP, PP/BP Paud dan Pendidikan Masyarakat bisa ———————————————— DOWNLOAD DISINI ——————————-

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan