Literasi dan Numerasi Dalam Menyiapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Literasi dan Numerasi Dalam Menyiapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) – Numerasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.

Numerasi hadir di sekeliling kita dalam bentuk bilangan, huruf, dan gambar. Tanpa kita sadari numerasi sangat akrab dalam keseharian kita, mulai dari kita bangun di pagi hari sampai dengan tidur di malam hari.

Konsep waktu dan aktivitas kehidupan sangat erat kaitannya dengan numerasi, namun kadang kala kita tidak menyadari hal ini.

Numerasi identik dengan matematika, hal ini dikarenakan numerasi merupakan bagian dari matematika. Baik numerasi maupun matematika sama-sama mempelajari tentang angka, penjumlahan, pecahan, bangun, ruang, ukuran, dan materi lainnya. Namun, numerasi dan matematika juga memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Untuk mendorong keterampilan numerasi bagi siswa adalah penguatan kapasitas dan kompetensi guru dan juga pihak tenaga kependidikan.

Numerasi tidak mutlak harus dikuasai oleh guru matematika saja, melainkan semua guru mata pelajaran lain.

Sekolah seyogyanya menyelenggarakan pelatihan bagi guru terkait penguasaan literasi numerasi di mata pelajaran yang diampunya dan juga tenaga kependidikan untuk memudahkan pekerjaan.

Numerasi hadir di dalam lintas pelajaran pada kurikulum sekolah, baik itu di dalam intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler.
Untuk file lengkap Literasi dan Numerasi Dalam Menyiapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bisa ——— DOWNLOAD DISINI ———

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan